Hot!

9 Kebiasaan Pada Tubuh Kita Ini Ternyata Ada Fungsinya Lho!

Sebagai manusia, pasti ada hal yang sering spontan dilakukan oleh tubuh kita. Seperti saat kita mengantuk pasti kita akan menguap, saat hidung kita gatal pasti kita akan bersin dan masih banyak lagi kebiasaan reflek yang dilakukan tubuh kita. Tapi tahukah kamu kalau hal tersebut ada fungsinya?

Ya benar, Tubuh kita adalah kumpulan kompleks dari berbagai siklus biologis dan sistem yang terkadang tidak kita pahami. Dan mekanisme pertahanan tubuh merupakan salah satu dari sistem tersebut. Sistem itu melindungi kita dari bahaya 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, dari segala hal yang berpotensi merugikan tubuh kita.



Nah, berikut dibawah ini adalah 9 hal menarik pada tubuh kita yang mungkin tidak kamu sadari jika hal tersebut melakukan mekanisme pertahanan tubuh. Dilansir dari pulsk.com, kamu nggak akan menyangka dengan faktanya!

*jika kamu menyukai postingan ini, share ke teman-temanmu di Sosmed ya..

1. Menguap 
Ternyata tujuan utama dari menguap adalah untuk mendinginkan otak setelah itu sudah terlalu panas atau kelebihan beban. Makanya saat kita mengantuk, kita secara otomatis akan menguap Pulsker.
Makanya saat kita mengantuk, kita secara otomatis akan menguap.

2. Bersin
Biasanya saat kita bersin, hidung kita terisi terlalu banyak alergen, mocroba, debu atau iritasi lainnya. Bersin adalah salah satu cara tubuh kita untuk menyingkirkan segala macam "kuman".

3. Meregangkan otot
Secara naluriah, saat kita bangun tidur tubuh pasti melakukan peregangan. Bukan hanya untuk melemaskan tubuh, peregangan otot juga berfungsi mengembalikan aliran darah, dan meningkatkan suasana hati kita.

4. Cegukan
Saat kita makan dengan sangat cepat, menelan potongan besar makanan, atau hanya makan berlebihan, saraf pneumogastric kita dapat mengalami iritasi. Hal ini terkait erat dengan perut dan diafragma kita. Hasilnya adalah kita akan cegukan
Kamu bisa meredakan cegukan dengan meminum air mineral.

5. Tersentak ketika tidur
Hal ini mengacu pada perasaan aneh ketika tertidur. Kita akan merasa melayang dan tersentak seperti terkena sengatan listrik. Pada saat ini, semua otot kejang begitu kuat dan kita akan merasa hampir jatuh dari tempat tidur. Setelah itu kita akan langsung kaget dan terbangun.

Ketika otot-otot kita rileks ketika kita akan tertidur, otak kita terkadang jadi bingung dan berpikir kita sedang jatuh. Akibatnya, otot-otot bereaksi dengan tegang, sehingga kita kaget dan terbangun sebelum kita jatuh.
Ilmuwan lain percaya hal ini adalah refleks bahwa manusia berkembang selama proses evolusi untuk mencegah mereka dari jatuh dari pohon-pohon di mana mereka pernah tidur.

6. Kerutan pada kulit jari
Kerutan yang muncul pada kulit tangan memainkan peran penting. Saat jari tanganmu berkerut maka akan memudahkanmu dalam menggenggam barang atau benda yang basah dan benda yang berada di dalam air, serta kita dapat berjalan di dalam kolam renang dengan mudah jika jari kaki anda pun menjadi berkerut.

7. Loss of memory / lupa
Kehilangan memori sering terjadi setelah terjadinya pengalaman yang paling menyenangkan yang pernah kita alami. Otak kita benar menghapus momen paling mengerikan dari ingatan kita.

8. Merinding
Fungsi utama dari merinding adalah untuk mengurangi jumlah suhu panas tubuh kita kehilangan melalui pori-pori kulit kita, yang kemudian membuatnya lebih mudah untuk menghangatkan diri di kondisi iklim yang tidak ramah.

9. Air mata
Selain bertindak sebagai perlindungan selaput lendir mata kita ketika benda asing masuk ke dalam mata, air mata juga berfungsi sebagai alat "pertahanan emosional." Para ilmuwan percaya bahwa dalam situasi stres, tubuh menciptakan sumber baru yang kuat dari iritasi untuk mengalihkan perhatian seseorang dari rasa sakit mereka saat ini mengalami.