Hot!

10 Penemuan Teknologi Paling Spektakuler Di Tahun 2014

smartponsel.com - Menuju akhir tahun 2014 ini, tentu banyak rangkuman menarik yang terjadi seputar teknologi, salah satunya adalah penemuan Teknologi Baru yang Spektakuler. Perkembangan Teknologi memang sangat cepat, banyak hal baru yang terjadi setiap detiknya. mau tidak mau kita harus melek teknologi dan selalu mengikuti perkembangan supaya tidak ketinggalan atau Gaptek.

Salah satu penciptaan yang mengesankan dunia teknologi, yakni nanoteknologi. Nanoteknologi merupakan manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular. Berikut 10 nanoteknologi yang mengesankan sepanjang 2014, dikutip dari Theconversation,
10 Penemuan Teknologi Paling Spektakuler Di Tahun 2014


  • Nanobots DNA

Pada bulan Februari lalu, tim dari Israel menjelaskan mengenai nanobots DNA yang disuntikan pada kecoa. Nanobots yang telah dirakit mampu mengontrol molekul pada sel tertentu. Nanobots tersebut difungsikan untuk bidang medis, seperti menditeksi penyakit kanker.


  • Nanotubes

Nanotubes merupakan molekul karbon besar yang membentuk tabung dengan termal dan sifat elektrik yang tidak biasa. Pada Maret lalu, Tim dari Massachusets Institute of Technology (MIT) dan CalTech melaporkan cara untuk memasukkan nanotubes ke dalam kloropas tanaman. Kombinasi itu mendorong fotosintesis pada tanaman.


  • Robot Berbentuk Kerang

Seorang peneliti dari Max Planck Institute di Jerman mengembangkan sebuah robot kecil yang dapat berenang di aliran darah dan dapat menperbaiki kerusakan jaringan dan membersihkan sisa obat-obatan.


  • Mikrochip Membantu Orang Lumpuh

Melalui sebuah chip yang dikenal dengan Neurobridge dapat merangsang dan otot berdasarkan pola yang telah dibuat di otak.


  • Sel-sel Hidup Membantu Perbaikan Sumsum Tulang Belakang

Bioteknologi memproduksi obat baru untuk membantu pasien. Tim medis di Wroclaw Medical University membantu pasiennya dengan cara mengambil sel hidup yang ada pada pasien kemudian dimasukkan ke dalam sumsum tulang belakang.

Selanjutnya, sel-sel yang ditransplantasikan merangsang saraf yang terputus untuk tumbuh dan menyatu kembali. Inovasi ini memperlihatkan bahwa kerusakan sistem saraf dapat dipulihkan.


  • Pesawat Drone, Pengirim Jasa Masa Depan

Pesawat tanpa awak atau lebih dikenal dengan Drone, saat ini banyak digunakan, tak terkecuali untuk pengantar paket penjualan. Agustus lalu, Google menggunakan Drone sebagai pengantar coklat ke perternakan di Queensland.


  • Mini Robot

Robot memilki peran penting in banyak industry, tetapi jika robot itu dimasukkan kedalam kawanan mereka untuk melakukan banyak hal. Pada Agustus lalu dalam jurnal science melaporkan 1.000 mini robot di Havard mampu merakit dirinya sendiri menjadi bentuk-bentuk tertentu.


  • Printer 3D

Printer 3D saat ini sudah menjadi teknologi yang berkembang. Perkembangannya terlihat dari salah satu tim berasal Amsterdam memulai proyek pembangunan seluruh rumah menggunakan printer 3D.


  • Inovasi Terbaru Dalam Luar Angkasa


Penyelidikan Badan Antariksa Eropa Rosetta pada 12 November merilis ‘Probe Philae’ yang menjadi pesawat luar angkasa pertama kali yang mendarat di komet.


  • Green Power dan Clean Water


Merawat tumbuhan manjadi hobi bagi penyuka tanaman. Salah satu merawat tumbuhan itu dengan cara menyiramnya. Sebuah inovasi yang disebut ‘Sunflower’ memudahkan untuk menyiram tanaman.

Inovasi ini dapat digunakan di manapun dan menggunakan cahaya matahari sebagai daya listrik. Selain itu, air yang dihasilkan juga bervariatif, seperti air panas, dingin atau air biasa.

0 comments:

Posting Komentar