Hot!

Manfaat Luar Biasa Dari Puasa

Manfaat Luar Biasa Dari Puasa
Puasa yang sebagian besar di lakukan orang muslim, ternyata memang banyak menfaatnya, selain mendekatkan diri kepada Alloh SWT . dari segi duniawi dan kesehatan ternyata juga banyak membawa manfaat, sudah banyak ilmuwan-ilmuwan yang melakukan penelitian tentang Puasa, dan memang terbukti bahwasanya Puasa memiliki banyak manfaat untu kesehatan tubuh, Puasa juga dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau pengeluaran zat racun dari tubuh. Nah tentunya anda pasti penasaran sbenarya apa saja sih manfaat berpuasa?? simak ulasanya berikut ini
Manfaat Puasa

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan
  1. Meningkatkan Kemampuan Otak - Para ilmuwan di Amerika menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, yang mendorong tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi otak. Demikian juga, penurunan jumlah hormon kortisol, yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal, membuat seseorang dapat menurunkan tingkat stres selama dan setelah Ramadan.
  2. Menurunkan Kadar Kolesterol - selain mampu meeningkatkan kemampuan Otak, puasa jiga mampu menurunkan kadar kolesterol, ini sangat bermanfaat buat orang yang memiliki kolesterol tinggi, Sebuah tim ahli jantung di Uni Emirat Arab menemukan bahwa orang berpuasa menikmati efek positif dari adanya pengurangan kolesterol dalam darah. dengan ini kita akan terhindr dari resiko serangan jantung karena kolesterol rendah mampu meningkatkan kesehatan Jantung.
  3. Mengurangi Kebiasaan Buruk -  kita tahu bahwa dalam puasa maka banyak pantangan yang harus kita patuhi, Kebiasaan buruk seperti merokok dan makan makanan yang tidak sehat, akan hilang saat kita berpuasa. Ramadan adalah waktu yang tepat untuk mengubah gaya hidup tidak sehat dan pola makan yang buruk.
  4. Mengontrol Berat Badan - ini sangat berguna bagi orang yang memiliki berat badan tidak ideal dan dalam masa diet, dengan puasa makan berat badan akan terkontrol. Puasa membuat kita lebih mudah menurunkan berat badan. Kita tidak perlu melakukan diet ekstrem untuk menurunkan beberapa kilo berat tubuh kita. Kita hanya perlu makan secukupnya dan tetap mengonsumsi makanan sehat selama puasa.
  5. Mendetoksifikasi Tubuh - seperti yang dibilang di awal tadi bahwa Puasa juga dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau pengeluaran zat racun dari tubuh. Ketika tubuh mulai memakan cadangan lemak untuk menciptakan energi, itu akan membakar setiap racun berbahaya yang mungkin hadir dalam timbunan lemak di tubuh Anda.
  6. Menyerap Banyak Nutrisi - Hal ini dikarenakan peningkatan hormon yang disebut adiponectin, yang diproduksi oleh kombinasi antara puasa dan sahur, sehingga memungkinkan otot untuk menyerap lebih banyak nutrisi. sebab selama berpuasa metabolisme akan menjadi lebih efisien, yang berarti jumlah nutrisi yang diserap dari makanan semakin besar.
Nah itu tadi Manfaat Luar Biasa dari Puasa, tentu itu semua akan sia-sia jika selama berbuka puasa Anda terlalu rakus dengan makan sepuasnya tanpa melihat apakah yang anda makan itu merupakan makan sehat atau malah lebih parah dari makan sehari-hari saat tidak puasa, semua tergantung pada diri anda masing-masing

1 comments:

  1. terimakasih telah berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat sekali
    di tunggu informasi selanjutnya, sukses terus

    BalasHapus