Hot!

Tips dan Trik Menidurkan Bayi, Supaya Bayi Cepat Tidur

Tips menidurkan bayi yang rewel, Orangtua umumnya selalu menemani bayi mungilnya agar cepet tertidur lelap. Tetapi, justru cara ini tidak disarankan karena alasan tertentu. perawatan spa pada bayi dengan rutin mempunyai manfaat baik. Salah satunya yaitu cepat membuat bayi tertidur lelap. Jika moms putus asa si kecil tak kunjung tidur, berikut delapan trik dan tips agar bayi Anda cepat tidur, seperti dikutip Okezone.com

Tips dan Trik Menidurkan Bayi, Supaya Bayi Cepat Tidur


Jangan ditemani

Jika bayi mungil Anda sudah terasa mengantuk, sebaiknya tidurkan di atas kasur yang empuk, tetapi jangan menemaninya sampai ia tidur. Pasalnya, cara tersebut membuat bayi Anda sulit tidur karena merasa ada yang menjaganya.

Hindari kontak mata

Melakukan kontak mata dengan bayi sebelum ia tidur justru tidak merangsang cepat tidur. Adanya kontak mata terus-menerus, akan mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah bayi Anda.

Mandikan

Sebelum ia tidur, tak ada salahnya Anda memandikan dengan air hangat untuk memberi ketenangan tersendiri. Tapi di saat mandi, jangan memberikan bayi mainan dan diajak untuk berkomunikasi. Hal ini justru membuat gerak aktivitas mereka aktif, sehingga tidak cenderung membuatnya mengantuk.

Mengatur suhu

Di siang hari, Anda harus memberi suhu hangat dan suhu dingin di malam hari di kamar. Suhu optimal yang cocok untuk bayi antara 16 derajat celcius dan 20 derajat celcius. Jika Anda tidak memiliki sebuah AC di kamar, Anda dapat membiarkan jendela kamar dengan sedikit terbuka atau menyalakan kipas di malam hari. Begitu juga, saat siang hari pastikan ruang kamar tidak terlalu panas, karena membuat bayi berisiko sindrom kematian bayi mendadak.

Beri sentuhan

Saat ia sudah tidur, usapkan tangan Anda pada bagian perut, lengan dan kepala untuk menenangkan dia. Apalagi di malam hari, tidur dekat dengannya membuat si bayi mungil Anda tidak mengalami mimpi buruk.

Relaksasi pernapasan


Salah satu cara untuk menenangkan bayi Anda untuk memperlambat pernapasan Anda sendiri. Trik ini membantu untuk mengirim sinyal agar bayi Anda bernapas dengan santai. Untuk kecepatan pernapasan Anda, dengarkan musik yang lebih lambat dari detak jantung Anda, yaitu kurang dari 70 denyut per menit, lalu bernapaslah mengikuti irama.

Saat hamil, hindari kebisingan


Suasana bising akan membuat kenyamanan bayi Anda terganggu saat tidur. Terlebih, untuk membiasakan cepat tidur, hindari suasana bising sejak ia masih di dalam kandungan Anda.

Perawatan spa

Studi menyarankan memberikan bayi sebelum tidur dengan pijatan lembut akan membantu mereka tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak, daripada mereka yang tidak pernah melakukan spa ini. Disarankan saat bayi sebelum tidur, beri pijatan lebut selama 15 menit pijat lembut dengan baby oil yang aman.