Hot!

Rahasia Supaya Bangun Tidur Dalam Keadaan Segar

Apakah suara alarm malah membuat Anda ingin tidur lebih lama? Apakah Anda sering merasa tidak segar ketika bangun pagi? Jangan khawatir, karena tips-tips di bawah ini bisa membuat Anda bangun dalam keadaan segar bugar. Tips ini dikutip dari Okezone.com

Rahasia Supaya Bangun Tidur Dalam Keadaan Segar


Waktu tidur

Salah satu faktor yang paling penting dalam menjaga siklus tidur yang sehat adalah dengan memilih waktu yang tepat untuk pergi dan bangun tidur. Pergi dan bangun tidur pada jam tertentu secara teratur akan membuat tubuh Anda terbiasa.

Meditasi sebelum tidur

Tiga puluh menit mediasi sebelum tidur adalah salah satu cara untuk menyingkirkan semua stres. Menenangkan pikiran dari masalah, akan membantu Anda tidur lebih baik di malam hari.

Mempersiapkan diri

Salah satu alasan sulit tidur adalah karena Anda tidak mempersiapkan mental dengan baik. Jika Anda ingin tidur dengan kondisi segar bugar, sisihkan waktu setidaknya satu jam untuk bersiap-siap. Matikan ponsel Anda dan cobalah membaca buku sampai Anda mengantuk.

Suasana tenang


Menurut New Scientist Magazine dalam Vamshare, suara seperti TV dan suara bising kendaraan dapat memperpendek umur Anda. Jangan letakkan TV di dalam kamar jika tidak ingin bangun tidur dengan perasaan gelisah.

Suhu kamar nyaman

Tentukan berapa lapis selimut yang Anda pakai atau bahan piyama yang hangat ketika udara dingin. Nyalakan kipas angin atau AC ketika dirasa udara terlalu panas.

Jangan makan sebelum tidur

Mencerna makanan membutuhkan waktu. Jangan ngemil di larut malam karena ini bisa mengganggu perut yang akhirnya mengganggu siklus tidur Anda.

Stretching

Lakukan peregangan ringan setelah bangun tidur dapat mencegah otot kaku dan nyaman ketika beraktivitas.

Ganti nada alarm

Suara alarm yang keras dan mengganggu dapat membuat Anda bangun dengan perasaan buruk. Menurut University of Pennsylvania, Anda akan merasa tidak bugar ketika bangun tergesa-gesa. Pilih nada alarm yang lembut sehingga Anda bisa bangun dengan perasaan ringan.

Biarkan gorden terbuka

Cahaya pagi dapat membangunkan otak, bahkan dalam kondisi mata yang masih tertutup. Membiarkan sinar mentari menerobos masuk akan memicu neuron di otak untuk memerintahkan tubuh agar segera terjaga.