Hot!

Keren, Android Lolipop Sanggup Jepret Foto Format RAW

Smartponsel.com - Sekarang untuk mengambil foto dengan kualitas bagus, tidak harus menggunakan kamera canggih seperti DSLR dll, karena sejatinya Format RAW biasanya dihasilkan oleh kamera DSLR, mirrorless atau jenis compact advance. namun sekarang anda bisa mendapatkanya melalui Android.
Android Lolipop Sanggup Jepret Foto Format RAW
Ilustrasi

Dikutip dari Tribunnews.com, RAW merupakan format foto yang dihasilkan langsung dari sensor pencitraan sebuah kamera. Foto dalam format tersebut menyimpan lebih banyak data ketimbang JPEG, sehingga berguna untuk proses pengeditan. Sedangkan JPEG merupakan format foto digital yang  telah melalui proses pengompresan sehingga ukuran datanya lebih kecil.

“Data RAW lebih bernilai untuk telepon genggam dan tablet ketimbang untuk kamera tradisional seperti DSLR. Foto yang dihasilkan kamera smartphone dibuat menggunakan sensor dan lensa yang lebih kecil sehingga (dengan format RAW) bisa memperoleh maanfaat besar dari alat pemrosesan berbasis RAW, seperti highlight recovery, tone mapping serta noise reduction,” papar Tom Hogarty, Director of Product Management dari Adobe, demikian dilansir dari Cnet, Kamis (25/12/2014).
Seiring makin besarnya pengguna smartphone, orang yang menggunakan perangkat genggamnya sebagai alat fotografi pun makin banyak. Tren fotografi smartphone pun berkembang dan kualitas foto menjadi salah satu fitur yang diandalkan dalam smartphone.
Namun format foto RAW ini hampir tidak dapat ditemukan dalam dunia smartphone. Baru pada  2013 lalu Nokia meluncurkan Lumia 1020 dan 1520, smartphone pertama yang mendukung format RAW.

Google sendiri sudah memutuskan untuk mendukung format RAW ini sejak 2012 saat mengembangkan API (Advance Programming Interface) baru untuk aplikasi kameranya.
Namun API baru tersebut, yang diduga akan dirilis untuk Android Kitkat, malah dibatalkan. Alasannya API tersebut belum siap untuk dilepas.
Kini fitur untuk foto RAW itu telah mulai dilepaskan untuk Android Lollipop, yang merupakan penerus Kitkat.  Meski baru Nexus 5 dan Nexus 6 saja, pengguna Android sekarang sudah bisa memotret dengan format RAW.

Format tersebut juga dapat diakses menggunakan update terbaru aplikasi Camera FV-5 yang ada di Google Play Store.