Hot!

Pantangan - Pantangan Buat Ibu Hamil

Pantangan - Pantangan Buat Ibu Hamil
Hamil merupakan impian semua wanita yang sudah menikah yang ingin segera memiliki momongan, dan Hamil memang sesuatu yang membahagiakan, sebab selangkah lagi suami istri tersebut akan menjadi seorang ayah dan Ibu untuk Anaknya, namun saat-saat kehamilan juga merupakan saat yang sangat rawan, Ibu yang hamil dituntut untuk ekstra hati-hati dan menghindari beberapa hal yang menjadi pantangan saat hamil, lantas apa saja Pantangan-Pantangan Buat Ibu Hamil??
ibu Hamil

Memang ada banyak mitos yang beredar seputar kehamilan. Tentang apa yang harus/tidak dilakukan selama hamil. Beberapa mitos justru banyak yang malah membingungkan dan tidak teruji kebenarannya, namun disini akan saya berikan bebrapa pantangan Ibu Hamil yang bukan sekedar mitos belaka baik dari segi Pantangan Terkait Makanan maupun Pantangan Perilaku yang harus di Hindari.

  1. Makanan Atau Minuman Yang Mengandung Kafein - Banyak penelitian yang menghubungkan antara kafein dengan kehamilan. Pada kehamilan mengkonsumsi kafein berlebihan bisa berakibat buruk bagi kondisi kehamilan, karena kandungan kafein yang terdapat di dalam secangkir kopi, minuman supleman akan mengakibatkan resiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan yang rendah bahkan dalam kasus yang parah akan mengakibatkan kematian saat lahir. Dan perlu diketahui bahwa sumber kafein tak hanya kopi tetapi juga teh, coklat, minuman berkarbonasi, minuman ebergi dan masih banyak lagi lainnya. maka dari itu lebih baik kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.
  2. Minuman Beralkohol - Alkohol berpengaruh pada kemampuan otak janin, Minum Alkohol saat hamil dapat mengakibatkan pertumbuhan bayi terganggu dan lahir cacat, dan beresiko tinggi dalam beberapa gangguan bayi saat lahir termasuk IQ dan gangguan fisik. bahkan dapat mengakibatkan keterbelakangan mental pada si baya, maka dari itu jika Ibu Hamil yang sebelum hamil suka mengkonsumsi bir atau minuman lain yang mengandung Alkohol sebaiknya di tinggalkan kebiasaan itu saat Hamil.
  3. Makanan Yang Mentah - Makanan yang masih mentah bisa mengandung bakteri dan berbahaya saat dikonsumsi, seperti dagin sushi ataupun adonan roti yang masih mentah,sayuran mentah pun seperti kecambah juga beresiko mengandung banyak bakteri, apalagi jika usis kehamilan masih muda yang rentan terhadap keguguran.
  4. Merokok dan Narkoba - Sejatinya sudah dijelaskan bahwasanya merokok dapan mengakibatkan gangguan kehamilan dan janin seperti peringatan di bungkus rokok, dan narkoba pun memang tidak layak untuk dikonsumsi untuk orang biasa apalagi ibu yang sedang hamil, dengan merokok dan narkoba bisa menyebabkan bayi lahir premature dan penyakit komplikasi lainya.
  5. Kalori yang Berlebihan - Kalori memang di butuhkan untuk ibu hamil namun dengan jumlah yang normal dan tepat, karena kalau dengan jumlah yang berlebihan dapat menimbulkan resiko Obesitas pada kehamilan, dan Ibu yang saat hamil terkena obesitas sangat beresiko pada kondisi bayi saat lahir dan bisa menyebabkan diabetes.
  6. Olahraga Ekstrim atau Berlebihan - Memang saat Hamil ibu di anjurka untuk olahraga namun denag porsi yang tidak berlebuhan, kalau berlebihan dapat menyebabkan minimnya oksigen yang mengalir pada bayi dan bisa berakibat kerusakan pada otak bayi.
  7. Berdiri Terlalu Lama - saat hamil lebih baik untuk tidak melakukan aktivitas yang mengharuskan Ibu untuk berdiri terlalu lama, karena dapat mengakibatkan varises pada kaki, alagkah baiknya sesekali duduk atau berbaring untung istirahat.
  8. Stress - Kondisi saat stress memang tidak baik untuk si jabang bayi karena emosi pada ibu dapat juga dirasakan oleh si bayi, dan stress memang pemicu banyak masalah terutama saat hamil.
  9. Memakai Baju Ketat - Memakai baju ketat akan meningkatkan resiko apalagi di bagian perut yang akan mengganggu perkembangan janin. Bagi Ibu yang ingin tetap tampil modis saat hamil, masih banyak baju hamil yang dapat anda pilih yang harus anda ketahui adalah baju tersebut tidak memiliki karet dibagian perut.
  10. Pijat Refleksi - Ibu hamil memang sangat membutuhkan pijat untuk relaksasi. Namun pijat refleksi yang salah bisa jadi dapat memicu rahim melakukan kontraksi, sehingga mengakibatkan kontraksi yang membuat kelahiran bayi jadi prematur.
  11. Posisi Tidur - Perlu diketahui bahwasanya Ibu hamil tidak boleh tidur dengan posisi tengkurap sebab akan membuat bayi anda tergencet, lebih baik tidur dengan posisi miring kekanan atau kekiri.
  12. Bercinta Di Usia Rawan - Jangan melakukan hubungan suami istri pada bulan-bulan usisa kehamilan yang rawan, misalnya pada usia kehamilan trimester pertama. Jika dilakukan dengan posisi yang salah bisa berakibat buruk pada janin.
Nah itu tadi Beberapa Pantanagan yang tidak boleh dilakukan oleh Ibu Hamil yang kami kutip dari berbagai sumber terpercaya, semoga dengan ini Ibu yang sedang membaca ini bisa lebih hati-hati dalam menjaga kehamilannya supaya bayi yang dilahirkan dalam kondisi normal. baca juga tips kesehatan lainya di blog serba ada ini.