Hot!

Macam - Macam Penyakit Ginjal dan Gejalanya

Macam - Macam Penyakit Ginjal
Ginjal merupakan dua organ penting pada tubuh kita yang berfungsi membersihkan darah di dalam tubuh Anda dengan menghapus sisa makanan dan cairan berlebih, dan juga berfungsi menjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah dan membantu mengatur tekanan darah.
ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang di bagian tengah punggung, dan tepat di atas pinggang.
Ginjal

Bila ginjal kita rusak maka akan mengakibatkan pembengkakan di pergelangan kaki, muntah, kelemahan, kurang tidur, dan sesak napas, karena sisa makanan dan cairan yang terbentuk di dalam tubuh Anda karena ginjal tidak berfungsi dengan normal. Ginjal Anda mungkin dapat sepenuhnya tidak berfungsi bila tidak segera diobati, karena Hilangnya fungsi ginjal kita adalah masalah kesehatan yang cukup fatal. maka dari itu mari kita baca apa saja Macam-Macam penyakit Ginjal serta gejalanya, supaya kita tahu dan waspada.

  1. Ginjal Akut - Ginjal akut ini memiliki beberapa gejala, tapi umumnya ada 3 Gejala dari penyakit ginjal akut, Gejala yang paling mudah ditemui adalah rasa nyeri pada pinggang, urine yang merah atau hanya mengeluarkan sedikit urine saat buang air kecil. lengkapnya pada fase pre renal ditunjukkan dengan gejala muntaber yang disertai darah. Kemudian pada fase renal terdapat gejala muka sembab, pembengkakkan kaki, tekanan darah yang terus meningkat, dan nyeri pada bagian pinggang, serta warna air kencing (urine) yang kemerahan. Sedangkan pada fase post renal, biasanya mulai terjadi penyumbatan pada saluran kencing yang memungkinkan terjadinya kencing batu, pembekuan darah, adanya tumor, dan sebagainya.
  2. Ginjal Kronik - Penyakit ginjal kronik ini muncul biasanya karena adanya gangguan penyakit lainya seperti Diabetes, Hipertensi, batu ginjal, darah tinggi, dan penyakit lainya yang muncul karena konsumsi obat-obatan yang mengandung efek samping pada Ginjal. Gejala yang sering muncul dari penyakit Ginjal Kronikl ini antara lain muka yang terlihat sangat sembab, lesu dan tidak bercahaya, darah yang terus naik tekanannya, dan tidak mudah buang air kecil (kencing).
  3. Gagal Ginjal - gagal ginjal muncul karena penanganan dari penyakit ginjal akut atau ginjal kronik yang tidak maksimal atau mengalami keterlambatan. Gejalanya tentu saja merupakan gabungan dari gejala ginjal kronis dan akut, jadi sudah parah. Pola penyembuhan Gagal Ginjal ada 2 cara yaitu Pola konservatif dan Terapi ginjal Pengganti. Pola Konservatif ini mengharuskan penderita Gagal ginjal untuk melakukan diet atau mengatur pola makannya dengan ketat dan disiplin. Hal ini dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh dari pasien. Kontrol yang teratur pada ginjal dan organ lain yang saling berhubungan juga harus rutin dilakukan. Terapi Ginjal Pengganti, cara ini dilakukan apabila metode konservatif tidak berhasil Metode ini memerlukan operasi pencangkokkan ginjal dari donor ginjal ke pasien gagal ginjal. dan pastinya membutuhkan biaya yang sangat mahal.
Dari Artikel diatas tentang Macam-macam Penyakit ginjal dan Gejalanya, dapat disimpulkan bahwasanya kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita, dan artikel diatas bertujuan untuk mengedukasi pembaca bukan untuk menakut-nakuti. Lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi mari kita sama-sama menjada tubuh kita agar selalu sehat. terimakasih